You are here

Bekali Siswa dengan Ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi

PANGKALPINANG-Kegiatan Lomba Kuis Kihajar berlangsung dengan tertib dan lancar di Hotel Aksi Natural Resort, (3/10/2016), yang dihadiri sebanyak 88 peserta terdiri dari 27 orang siswa tingkat SD, 27 orang siswa tingkat SMP, 27 orang siswa tingkat SMA, dan pendamping dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan ini memiliki motto pendidikan yaitu “Kihajar” Kita Harus Belajar, hal ini yang dikemukakan oleh Kepala Sub Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Pustekkom, Suharto Lasmono dalam sambutannya.

“ Kegiatan ini penting dilaksanakan karena Teknologi Informasi dan Komunikasi bukan merupakan suatu barang yang mewah tapi kebutuhan yang harus diketahui dan dikuasai. Untuk mencari informasi pekerjaan, pendataan PNS, dan lain sebagainya harus melalui internet/web. Sekarang zamannya Teknologi Informasi dan Komunikasi”, tegas Suharto.

Dalam kegiatan ini siswa lebih dituntut untuk menguasai bidang TIK yang bukan hanya pengetahuannya tetapi skill yang dimiliki. TIK digunakan untuk tujuan yang positif dan sehat karena siapapun dapat menjadikan TIK sebagai media yang salah penggunaannya. Kunci kita untuk mengendalikan TIK dengan sehat yaitu kuncinya terletak pada tangan. Tangan yang mengatur dan mengarahkan kita mencari hal-hal yang negatif. Dan kegiatan kihajar ingin memotivasi 10 jari untuk menggunakan TIK dengan hal yang bermanfaat, kata Suharto.

Banyak Aplikasi yang dikembangkan oleh Pustekkom kemendikbud, yang belum diketahui seperti : belajar.Kemdikbud.go.id atau belajar.kemendikbud.go.id., tve.kemdikbud , video.kemdikbud, dan lain sebagainya. Aplikasi ini berisikan konten-konten pembelajaran siswa dari jenjang SD sampai dengan SMA, tambahnya.

Kemudian Kepala Bina Program Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Narwanto S.IP yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam arahan singkatnya mengatakan bahwa inti dari kegiatan siswa sekarang ini harus dapat mengembangkan proses pelajaran dengan baik dan dapat menggunakan media TIK untuk tujuan positif, dimana sudah menjadi keharusan bagi siswa saat ini untuk menguasai TIK.

Harap Narwanto S.IP agar bagi siswa yang telah mengikuti lomba kuis Kihajar ini dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan siswa lainnya yang belum memiliki kesempatan mengikuti perlombaan ini.

 

Penulis: 
Melia Puspianti, S.Sos
Fotografer: 
Saprul, A.Md
Sumber: 
Dinas Pendidikan
Editor: 
Yusni Patrajaya, S.Si
Kategori Informasi: 
Penerjemah: 
-

Berita Lainnya

18 Jan 2017 | Radar Bangka

18 Nov 2016 | Dinas Pendidikan...

07 Nov 2016 | Dinas Pendidikan...

17 Oct 2016 | Dinas Pendidikan...

12 Oct 2016 | Dinas Pendidikan...

12 Oct 2016 | Dinas Pendidikan...

07 Oct 2016 | Dinas Pendidikan...