You are here

Bupati Pantau Pelatihan Guru Bersama Google

Bupati Bangka H Tarmizi Saat berfoto bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Bangka Padli bersama narasumber dari Chromebooks, ketika memantau langsung pelaksanaan kegiatan Pelatihan G- Suite for Education yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Sabtu (5/8/2017) di SMPN 2 Sungailiat.

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Bupati Bangka H Tarmizi Saat memantau langsung pelaksanaan kegiatan Pelatihan G- Suite for Education yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Sabtu (5/8/2017) di SMPN 2 Sungailiat.

Ia sangat mendukung pelatihan ini karena cara baru guru dalam penyampaian materi ke siswa yang sifatnya interaktif dan mengurangi kebosanan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas.

"Kedepan kita berharap guru harus pakai mikrofon dan semua belajar lewat in focus jadi pembelajaran lebih nyata melalui vidio pembelajaran yang dibuat sendiri oleh guru karena sudah mendapat pelatihan dari Tim Google Chromebook dari Malaysia," harap Tarmizi.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dikbud Kabupaten Bangka Ervawi berharapkan melalui pelatihan ini terdapat perubahan pola pikir pembelajaran dari tradisional ke modern.

Selain itu jug diharapkan melalui pelatihan ini peserta dapat menguasai aplikasi-aplikasi yang ada pada google chromebook serta dapat menggunakannya dan memancing minat siswa lebih aktif dan kreatif dalam belajar dengan menggunakan pembelajaran problem solving.

Menurut Kepala Seksi Kurikulum, Penilaian dan Peserta Didik SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riky Ramdhani, kegiatan tersebut memanfaatkan aplikasi Google sebagai media pembelajaran, melalui aplikasi yang ada merupakan dasar dalam pembuatan situs pembelajaran.

"Semua materi dalam pembelajaran dapat dibuat oleh guru secara langsung juga dengan penilaiannya. Pada aplikasi ini guru dapat berinteraksi dengan siswa tidak harus didalam kelas akan tetapi dapat dimana saja," jelas Riky.

Untuk mengikuti pola pembelajaran ini, dikatakan, Kepala SMP Negeri 2 Sungailiat Amran, sekolah harus menyiapkan prasarana untuk jaringan internetnya dan membuat jadwal-jadwal untuk menggunakan Chromebooks di sekolah.

Dia berharap seluruh guru dapat menguasai aplikasi ini dan untuk sekolah dapat dijadikan sebagai Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIMS) yang dapat diakses orang tua dan masyarakat.

Pelatihan ini dilaksanakan selama lima hari dimulai pada Rabu (2/8/2017) Minggu (6/8/2017). Peserta pelatihan ini terdiri dari 27 orang guru bidang studi matematika, bahasa inggris dan IPA serta lima orang teknisi komputer dari lima SMP.

Sekolah yang mengikuti kegiatan ini adalah SMP Negeri 1 Sungailiat,SMP Negeri 2 Sungailiat, SMP Negeri 5 Sungailiat, SMP Negeri 1 Merawang, SMP Negeri 2 Merawang, SMP Negeri 1 Pemali, SMP Negeri 1 Mendobarat, SMP Negeri 2 Belinyu
dan SMP YPN Belinyu.

SMP yang mengikuti pelatihan ini adalah SMP yang mendapat bantuan pengadaan notebook Chromebooks dari APBD Kabupaten Bangka.

Sedangkan narasumber kegiatan pelatihan ini langsung diutus oleh Direktur Google yaitu Rahayu, Joyce dan Bona dari Malaysia.

Pada kegiatan ini para peserta sangat antusias dikarenakan disajikan cara membuat web dan aplikasi yang ada pada Google Chrome. Kedepan diharapkan lebih banyak sekolah yang memiliki sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran di sekolah.

Penulis: 
Nurhayati
Fotografer: 
-
Sumber: 
bangkapos.com
Editor: 
Iwan Satriawan
Kategori Informasi: 
Penerjemah: 
-