You are here

Bupati Resmikan SMK 1 Belinyu

BELINYU - Bupati Bangka H Yusroni Yazid SE, Rabu (22/2) meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Belinyu. Peresmian SMKN ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan tirai plang sekolah serta peninjauan lokasi ruang sekolah. Bupati dalam sambutannya mengatakan, sekarang ini konsep dunia pendidikan sangat kompleks dan selalu mengikuti perkembangan zaman dan teknolagi. Untuk itu dibutuhkan tenaga siap pakai untuk bersaing dalam mengisi pembangunan terutama di bidang yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Sekarang ini sekolah kejuruan mulai banyak dibangun untuk mengisi kepentingan pembangunan. Di kota besar perbandingannya 60 persen untuk sekolah kejuruan dan 40 persen sekolah umum. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan tenaga siap pakai dan penyediaan tenaga kerja dengan diarahkan pembangunan sekolah kejuruan,”  ungkap Yusroni di hadapan para undangan. Dikatakannya, SMK 1 Belinyu diharapkan menjadi contoh dan memiliki keunikan tersendiri sehingga mampu dan siap bersaing dengan sekolah yang lain  dan membanggakan nama daerah dan sekolah. Pembangunan sekolah ini bertujuan juga untuk memperbesar peluang kepada masyarakat untuk menikmati pendidikan dan akses kesempatan belajar bagi siswa usia SMA/SMK. 

Selain itu juga untuk mendekatkan sekolah dengan masyarakat.“Ciptakan prestasi yang membanggakan dengan siswa yang berkualitas dan terfokus pada anggaran dan komitmen. Dukungan sarana dan prasarana yang baik serta masyarakat diharapkan dalam menjaga sekolah ini. Sekolah ini harus dilakukan penataan dan berwawasan lingkungan,” katanya. Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Drs Yunan Helmi dalam sambutannya mengatakan, pembangunan sekolah ini bersumber dari anggaran pusat dan APBD II. 

Pada tahun 2011 pemerintah Kabupaten Bangka telah mengucurkan dana sebesar RP 495.000.000,-. Pendirian sekolah ini karena adanya desakan kepentingan masyarakat yang membutuhkan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia.  “Saat ini SMKN 1 Belinyu ada dua jurusan yakni manajemen bsinis dan multimedia. Empat lokal dari bantuan pusat dan dua lokal dari APBD II Kabupaten Bangka. Penerimaan siswa telah dilakukan pada tahun 2011 yang lalu sebanyak 45 siswa dengan menumpang pada SMAN 1 Belinyu dan rencananya akan dilakukan penganggaran lagi tahun 2013. Semoga sekolah ini bermanfaat untuk kita semua,” harap Yunan.

Sampai tahun 2012 Kabupaten Bangka telah memiliki 4 unit SMK Negeri yang tersebar di Kecamatan Sungailiat, MendoBarat dan Belinyu. Peresmian SMKN 1 Belinyu yang terletak di daerah Parit 3 ini dihadir juga asisten setda Bangka,  para Kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Bangka, Perwakilan Danlanal, Camat Belinyu,Anggota DPRD Bangka, MKKS se-Kabupaten Bangka, para tenaga pendidik, masyarakat sekitar serta tamu undangan lainnya.(rel)

Penulis: 
rel
Sumber: 
http://www.radarbangka.co.id/rubrik/detail/edukasi/3069/.html
Kategori Informasi: 

Berita Lainnya

18 Jan 2017 | Radar Bangka

18 Nov 2016 | Dinas Pendidikan...

07 Nov 2016 | Dinas Pendidikan...

17 Oct 2016 | Dinas Pendidikan...

12 Oct 2016 | Dinas Pendidikan...

12 Oct 2016 | Dinas Pendidikan...

07 Oct 2016 | Dinas Pendidikan...