You are here

"Hari Pendidikan Nasional" : Kita Menuju SDM Berkualitas

 

Pangkalpinang- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke-13 Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  Bangka Belitung berlangsung dengan khidmat dan tertib, di Halaman Kantor Gubernur, Senin Pagi (2/5). Upacara langsung dipimpin oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi. Dalam arahan Rustam mengatakan Hari Pendidikan Nasional sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas sumber daya manusia, Presiden Jokowi menggariskan bahwa Indobnesia sebagai bangsa yang disegani di dunia dan generasi yang berhasil dalam meraih kompetisi  era global paling tingkat tinggi untuk kualitas manusia.  Manusia yang terdidik dan tercerahkan merupakan kunci kemajuan bangsa untuk tercapainya apa yang kita raih sebagai individu maupun sebagai bangsa politik yang tidak terlepas dari  persinggungan dengan pendidikan. Mutu pendidikan berdampak besar untuk maju dan sejahtera, maka memastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses  mutu pendidikan sepanjang hidupnya.

“Indonesia saat ini sangat berbeda, dengan perubahan yang terjadi sangat cepat dalam skala impresial, dengan perkembangan revolusi teknologi dan pendorong lopatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara kita bekerja, hidup dan belajar. Yang harus diperhatikan pada anak-anak kita bahwa kita memberikan dukungan sepenuhnya pada mereka untuk meraih kesempatan yang terpampang saat ini, dan salah satu dukungan yang kita berikan untuk anak-anak memastikan apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang mereka butuhkan untuk menajwab tantangan zaman yang maju”, tambahnya.

Upacara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pejabat Muspida di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, seluruh Pejabat Eselon II, III dan Struktural di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Perwakilan Pegawai Negeri Sipil dari setiap instansi di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perwakilan dari Guru SD,SMP/SMA, serta para Mahasiswa dan pelajar.

Upacara dilanjutkan Penyerahan Piagam Penghargaan Sekolah Berintegritas pada Pelaksaan Ujian Nasional Tahun 2015: SMA Negeri 1 Pangkalpinang, SMP Negeri 1 Pangkalpinang, SMK Bakti Pangkalpinang, Madrasah Aliyah Al-Islam  Kemuja, dan  Madrasah Tsanawiyah Nurul Ikhsan Baturusa, Bangka. Satuan pendidikan Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun 2014-2015 sebanyak 384 sekolah dengan rincian sebagai berikut : SMA/MA 86 sebanyak satuan pendidikan, SMK sebanyak 51 satuan pendidikan, SMP/MTs sederajat sebanyak 247 satuan pendidikan. Dari Hasil penilaian terhadap indeks integritas pada penyelenggaraan Ujian Nasional pada Tahun Pelajaran 2014-2015 oleh Pusat Penilaian Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada di Tingkat ke-II Nasional setelah Provinsi Daerah Istimewa Jogyakarta.  Ujian Nasional integritas pada Penyelenggaraan Ujian Nasional yang tinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu SMA sebanyak 31 Satuan Pendidikan,  SMK 17 Satuan Pendidikan , SMP/MTs sederajat 81 Satuan Pendidikan, dengan jumlah total 129 Satuan Pendidikan dari 384 satuan pendidikan.

Penulis: 
Meilia Puspianti, S.Sos
Fotografer: 
Donny Yursandi, S.Kom
Sumber: 
Dinas Pendidikan Prov. Kep. Bangka Belitung
Editor: 
Yusni Patrajaya, S.Si
Kategori Informasi: 

Berita Lainnya

21 Mar 2017 | Dinas Pendidikan...

06 Mar 2017 | Seksi Kesiswaan...

18 Jan 2017 | Radar Bangka

18 Nov 2016 | Dinas Pendidikan...

07 Nov 2016 | Dinas Pendidikan...

17 Oct 2016 | Dinas Pendidikan...

12 Oct 2016 | Dinas Pendidikan...