You are here

Mahasiswa Mancanegara KKN ke Babel

PANGKALPINANG - Mahasiswa mancanegara dalam waktu dekat ini bakal melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Bangka Belitung (Babel), maka dari itu Pemprov Babel yang dikoordinir melalui Bappeda baru-baru ini menggelar seleksi kepada sejumlah mahasiswa di Babel untuk menjadi keluarga angkat atau Guide homestay baru baru ini. 
    Kilas balik, H Erzaldi Rosman Gubernur Provinsi Kepulauan Babel setelah tahun lalu sewaktu masih menjabat Bupati Bangka Tengah (Bateng) telah sukses melaksanakan program kerjasama bersama Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC) UNILA dengan  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bateng  mendatangkan mahasiswa internasional dari berbagai mancanegara melakukan praktek KKN di daerah Bateng. 
    Kini, program itu dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan  Babel yang dikoordinir oleh Bappeda. Untuk menyukseskan program kerjasama mendatangkan mahasiswa mancanegara tersebut, maka pada Sabtu (3/6) pekan kemarin,  Bapeda dan Dispora Babel bersama AIESEC UNILA dengan Universitas Bangka Belitung (UBB) melaksanakan penyeleksian mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Babel untuk dijadikan keluarga angka atau guide homestay bagi mahasiswa manca negara selama  KKN di Babel nantinya. Kegiatan seleksi itu dilaksanakan di gedung Babel 1  FISIP UUB di desa Balunijuk Kecamatan Merawang Pemkab Bangka, yang diikuti sejumlah 20 org terdiri dari mahasiswa/i UBB, STIE IBEK dan perguruan tinggi lainnya di Babel.
    Pembukaan seleksi guide homestay itu dihadiri oleh Dekan FISIP UBB DR.Ibrahim, Kabid Sosbud Bapelda DR.Agung Dwi Chandra, Pendiri AIESEC UNILA Lampung: Farhan Kurnia Mayendri,  juga sebagai Brand Consultant dalam mengembangkan potensi Bangka Belitung, Novita Supardi: Presiden AIESEC UNILA 2016/2017, dan perintis/inisiator program Zamhari anggota DPRD Bangka Tengah dan Rikky Fermana Ketua Komisi Informasi (KI) Babel.
    "Untuk kedua kalinya pihak Aiesec menggandeng UBB untuk menyukseskan program kerjasama ini,kami menyambut baik dan siap menjadi Co House, dan meminta pihak Aiesec memasukan kegiatan mahasiswa mancanegara  yang KKN itu agar dapat juga melaksanakan prakteknya  di kampus UBB," ujar Ibrahim kepada sejumlah awak media Babel baru baru ini (3/6).
    Di kesempatan itu pula, Kabid Sosbud Bapeda Babel DR Agung Dwi Chandra, meminta kepada stakeholder yang terkait  di Provinsi Kepulauan Babel dapat mendukung program kerjasama ini agar kedepannya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tujuan utama bagi para mahasiswa internasional melaksanakan praktium KKN di Babel, sehingga Babel sebagai destinasi wisata dunia tercapai maksimal. Kemudian di tahun depan, Pemprov Babel akan mengirimkan sebanyak 20 mahasiswa mahaisiwi dari universitas, perguruaan tinggi di Babel untuk praktikum KKN di luar negeri bersama AIESEC Lampung.
    "Pemerintah Provinsi ditahun depan akan menganggarkan dana untuk mahasiswa/i yang mengikuti program KKN  ke mancanegara  bersama Aiesec, dan mengharapkan ditahun selanjutnya bagi mahasiswa/i yang telah mengikuti program KKN ke luar negeri dapat membentuk atau mendirikan Aiesec Babel," kata Agung.
    Sementara itu, Pendiri AIESEC Lampung, Farhan menyampaikan, jika yang ikut seleksi sejumlah 20 orang yang diterima sebagai Organizing Comite (Panitia Kegiatan Lokal) sebanyak 5 orang utk divisi marketing, finance, partnership, program dan Selection and Learning (SNL).
    "Saat ini yg sudah mendaftar sebanyak 12 orang mahasiswa/i berasal dari negara: 1orang Polandia,  4 orang Mesir, 2 orang  Maroko, 1 orang Ceko, 1 orang india, 2 orang China, 1 orang pakistan, dan dalam seleksinya, 1 orang dari Maroko sudah lolos seleksi dan memastikan keberangkatan ke Bangka Belitung pada 23 Juli nanti " jelas Farhan kepada kepada awak media dalam rilisnya, Senin (5/6) kemarin. 
    Lebih lanjut  Farhan menyampaikan bahwa mereka mentargetkan untuk bulan juli ini sekitar minimal 10 orang mahasiswa asing, dan saat ini mereka selalu lembur dalam memaksimalkan promosi ke sistem AIESEC International agar semakin banyak yang mendaftar, dan ia mengharapkan restu dan doa warga Babel agar program ini berjalan lancar dan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat secara berkelanjutan demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia di provinsi bangka belitung serta generate income di berbagai aspek yg berada satu koridor dengan pembangunan branding Babel ke depannya.
    AIESEC adalah organisasi internasional terbesar di dunia untuk para pemuda yang membantu mengembangkan potensi kepemimpinan bagi mahasiswa,  dibentuk pada tahun 1948. Saat ini, AIESEC telah menjadi sebuah organisasi mahasiswa internasional terbesar yang beroperasi di lebih dari 133 negara. Salah satu kegiatan yang paling bermanfaat dari AIESEC ini adalah kemungkinan untuk melakukan praktikum di berbagai negara anggota.
    AIESEC merupakan organisasi yang berfokus pada pengembangan kepemimpinan para pemuda dan menjadi ambassador di luar negeri untuk menjalankan project social. AIESEC juga berfokus pada pengembangan kepemimpinan, pengalaman kepemimpinan, hingga partisipasi di Global Learning Environment.
    Direncanakan para mahasiswa juga mahasiswi asing dari mancanegara akan melaksanakan KKN-nya di Provinsi Kepulauan Babel dari tanggal 24 Juli - 4 September 2017 mendatang. (rel/rb)

Penulis: 
Radar Bangka
Fotografer: 
-
Sumber: 
Radar Bangka
Editor: 
-
Kategori Informasi: 
Penerjemah: 
-