You are here

Melalui ToT TIK, Siapkan SDM Trainer yang Handal

Melalui ToT TIK, Siapkan SDM Trainer yang Handal

PANGKALPINANG-- 42 guru SMA dan SMA se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti Kegiatan ToT Peningkatan SDM TIK Tahun 2017 selama 4 hari mulai tanggal 1 s.d 4 Agustus 2017 di Sun Hotel, Pangkalpinang. Guru-guru yang diundang merupakan guru matapelajaran yang ada di sekolah.

Trainer TOT TIK yang mahir dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi perlu disiapkan, khususnya bagi para guru sekolah Tingkat SMA dan SMK yang membidangi mata pelajaran TIK”, tegas Kepala Bidang Pendidikan Khusus, Nasir, S.Pd dalam arahannya dalam penutupan kegiatan tersebut. 

Kegiatan yang telah dilaksanakan selama 4 hari ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pov. Kep. Bangka Belitung melalui Bidang Pendidikan Khusus, lebih menekankan pada aspek praktik ketimbang teori, diantaranya pelatihan pemanfaatan Rumah Belajar, pengenalan portal Rumah Belajar, penyusunan bahan ajar berbasis Multimedia, jaringan Komputer dan pemanfaatannya dalam pembelajaran praktik.

Kegiatan TOT ini merupakan salah satu cara meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengembangan sistem TIK bagi kepentingan pendidikan, khususnya bagi Guru kepada peserta didik, serta meningkatkan kompetensi TIK Guru mata pelajaran agar kompetensi professional dan pedagogik guru agar semakin baik.

Menurut Undang-Undang Nomor 14 tahun 2009 tentang guru dalam pasal 1 ayat 1 ditegaskan bahwa pekerjaan seorang guru adalah pendidik professional dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing,  melatih, menilai dan melatih peserta didiknya. Tugas-tugas tersebut harus dipahami dan diaplikasikan secara baik dan benar oleh guru kepada peserta didiknya, sehingga peserta didik menjadi sumber daya manusia yang diharapkan untuk masa depan”, kata Kabid Pendidikan Khusus.

Untuk mencetak sumber daya manusia yang baik tidak hanya diperoleh dari sekolah saja melainkan dukungan dan didikan orangtua pun menjadi utama dalam keberhasilan anak, bagaimana orangtua mengajar ahlak dan perilaku yang baik bagi anaknya, dimanapun mereka berada. Tambahnya.

Kabid Pendidikan Khusus, Nasir S.Pd mengharapkan dengan telah terselenggaranya kegiatan ini dapat menghasilkan output dan outcome yang diharapkan, dimana terciptanya  42 peserta dari para guru SMA dan SMK  yang akan menjadi Trainer TIK  bagi para guru lainnya dan khususnya bagi siswa di sekolah.

Penulis: 
Meilia Puspianti, S.Sos
Fotografer: 
Donny Yursandy, S.Kom
Sumber: 
Dinas Pendidikan
Editor: 
Yusni Patrajaya, S.Si
Kategori Informasi: 
Penerjemah: 
-