You are here

Pasca Liburan Lebaran, Pendaftar Jalur Mandiri UBB Sudah Meledak

Baru dua jam dibuka, pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Mandiri Universitas Bangka Belitung (UBB) secara “offline” sudah meledak, puluhan alumni SLTA antri mendaftar “offline”, Senin (11/07/2016).

Sebelumnya UBB menutup sementara pendaftaran PMB secara “offline” terhitung 2 Juli hingga 10 Juli 2016. Sedangkan pendaftaran secara “online” tetap dibuka hingga batas akhir pendaftaran 15 juli 2016. Penutupan pendaftaran secara “offline” tersebut dikarenakan libur bersama Idul Fitri.

Menurut Kabag Kemahasiswaan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UBB Kuncoro, jumlah pendaftar PMB Mandiri secara “offline” hari ini jauh lebih banyak, dibandingkan dengan jumlah pendaftar sebelum Idul Fitri.

Banyaknya pendaftar “offline” hari ini membuat panitia PMB Mandiri, yang berkantor di gedung Babel III BAAK UBB, sedikit kewalahan. Bahkan mereka menggunakan pengeras suara untuk memanggil satu persatu pendaftar.

“Hari ini saya dan ketiga teman saya ramai-ramai mendaftar ke UBB, karena waktu pendaftarannya tidak lama lagi akan berakhir,” ujar Tiara Fransiska pendaftar dari Desa Batu Lubang Bangka Tengah.

Pelaksanaan tes PMB Mandiri akan dilaksanakan tanggal 21 Juli 2016. Sedangkan hasil tesnya diumumkan 27 Juli 2016. Setelah calon peserta dinyatakan lulus, mereka diharuskan verifikasi online dan registrasi ulang pada 14 Juli hingga 15 Juli 2016.

“Jumlah pendaftar PMB Mandiri pada hari ini sebanyak 173 orang, dan kami memperkirakan empat hari kedepan jumlah pendaftar terus bertambah,” tukas Kuncoro, dalam release yang dikirimkan ke bangkapos, Senin (11/7/2016) petang.

Tahun ini UBB menerima sebesar 1046 mahasiswa baru, khusus PMB jalur Mandiri UBB kali ini menawarkan 18 prodi dengan daya tampung sebanyak 270 orang. Beda tahun 2015 lalu jalur ini menawarkan 13 prodi.

Sebelumnya UBB sudah menerima calon mahasiswa dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 276 Orang dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 500 orang.

Pendaftaran secara “offline” lebih banyak bila dibandingkan dengan pendaftar “online”, ini dapat dilihat dari hasil rekapitulasi jumlah pendaftar untuk online yaitu sebanyak 205 orang, sedangkan jumlah pendaftar offline hingga hari ini (11 Juli 2016-red) sebanyak 411 pendaftar.

“Bagi para alumni SLTA yang mendaftar di UBB melalui jalur PMB Mandiri secara “offline” hari ini, kartu ujian mereka bisa diambil di Kampus Terpadu Gedung Babel III BAAK UBB, pada Jum’at 15 juli 2016,” kata Kuncoro.

Bagi para calon pendaftar yang ingin mendapatkan informasi, dipersilakan membuka laman http://www.ubb.ac.id atau datang langsung ke Kampus Terpadu Gedung Babel III BAAK UBB. (*)

Sumber: 
Bangka Pos
Penulis: 
dodi hendriyanto