You are here

Visi dan Misi

Visi

"Terwujudnya sumberdaya insani masyarakat yang berkualitas dan berdayasaing global melalui pendidikan yang mudah, murah, merata dan bermutu dengan berbasis keunggulan lokal"

Yang dimaksud dengan Sumberdaya insani masyarakat yang berkualitas dalam visi tersebut yaitu bahwa masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki kemampuan sebagai aktor pelaksana Pembangunan di bumi Bangka Belitung khususnya dan di Indonesia umumnya serta memiliki kecerdasan baik secara intelektual, emosional, spiritual maupun secara sosial.

Sedangkan yang dimaksud dengan Berdayasaing Global yaitu Sumberdaya manusia di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mampu berkompetisi dengan sumberdaya manusia lainnya secara global dan memiliki sifat-sifat pantang menyerah, mandiri, inovatif, produktif, berkepribadian unggul dan berorientasi global.

Untuk pendidikan yang mudah, murah, merata dan bermutu dengan berbasis keunggulan lokal diartikan sebagai berikut :

MurahBerarti bahwa pendidikan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung murah dan biayanya terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

MudahBerarti bahwa seluruh masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mudah untuk memperoleh layanan pendidikan sesuai dengan keinginan mereka.

MerataBerarti bahwa layanan pendidikan merata di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

MutuBerarti bahwa pendidikan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki mutu yang baik dan berdaya saing global sehingga tamatan dari pendidikan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat diterima dimana saja di wilayah Indonesia, bahkan ditingkat internasional.

Berbasis Keunggulan Lokal : Berarti bahwa seluruh komponen pendidikan dapat memanfaatkan dan memberdayakan segala sumberdaya yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara berkelanjutan.

 

Misi

Misi utama yang diemban oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mewujudkan sumberdaya insani masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing global melalui pendidikan yang mudah, murah, merata dan bermutu dengan berbasis keunggulan lokal sebagaimana dimaksud diatas yaitu sebagai berikut :

  • Memeratakan dan memperluas akses layanan pendidikan baik secara formal maupun non formal.
  • Memenuhi standar sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
  • Memenuhi pemerataan dan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.
  • Memberdayakan dan meningkatkan mutu SDM Pengelola lembaga pendidikan.
  • Menciptakan pendidikan dan lulusan pendidikan yang berjiwa Kewirausahaan.

Dengan melaksanakan misi ini maka Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga sebagai bagian dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menjalankan misi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk meningkatkan kualitas sumberdaya insani melalui penguatan sektor pendidikan.