You are here

Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing Tingkat Nasional 2016 berkumandang di Langit Negeri Serumpun Sebalai Babel

Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing Tingkat Nasional 2016 berkumandang di Langit Negeri Serumpun Sebalai Babel

Pangkalpinang,

Terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan atas kepercayaan yang diberikan kepada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai tuan rumah penyelenggaraan Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing Siswa SMK Tingkat Nasional 2016, kata Yan Megawandi, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam sambutannya mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada acara Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing Tingkat Nasional 2016, di SMK Negeri 2 Pangkalpinang, Senin (11/06).

“Momentum Lomba ini semoga dapat dijadikan media yang tepat dalam mempersiapkan SDM agar memiliki kemampuan berkomunikasi menggunakan berbagai bahasa dengan baik, karena kemampuan bahasa menjadi salah satu unsur terpenting dalam membangun hubungan dengan dunia kerja, apalagi dalam mempersiapkan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA)”, harap Yan Megawandi.

“Sudah menjadi komitmen kita dalam memperkokoh tekad kita dalam meningkatkan kualitas SDM  seutuhnya sebagai benteng yang kuat dalam memperkokoh kepribadian bangsa”, jelasnya.

Yan Megawandi menambahkan agar para peserta lomba selalu memiliki semangat kompetesi yang sehat, semangat meraih prestasi terbaik, serta semangat untuk mengenal sesama anak bangsa yang tergabung dalam 33 Provinsi dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu Direktur Pembinaan SMK Drs. Mustaghfirin Amin, MBA  mengatakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan tinggi dan berkompeten sangat diharapkan pada abad 21.  Ada 4 ciri khas Sumber daya manusia yang terampil diantaranya harus mampu meningkatkan kreativitas, memiliki kemampuan bahasa yang tinggi, critical thingking dan harus berpikir strategis sehingga dapat menyelesaikan problema dan tantangan di masa akan datang.

“Peserta Lomba ini harus mampu berkolaborasi bukan secara individual, tetapi harus menjadikan wujud untuk menyampaikan dan mengekspos kerjasama diantarsesama”, tegasnya.

“Kompetensi yang dibangun dalam abad 21 adalah komunikasi, orang yang pandai bukan diam untuk dirinya saja tetapi disatu sisi mampu berkinerja dengan baik serta harus mampu juga berkomunikasi dengan baik kepada lainnya”, tambahnya.

Kegiatan ini menjadi agenda tetap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  yang dilakukan setiap tahun dalam rangka menyediakan wahana  pengukuran kemampuan berkomunikasi melalui bahasa nasional dan bahasa asing, kata Mustaghfirin Amin.

Hadir dalam acara lomba, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Soleh,  sejumlah Pejabat Daerah di Lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Pejabat Kota Pangkalpinang serta tamu Undangan Pusat lainnya.

Penulis: 
Meilia Puspianti, S.Sos
Fotografer: 
Saprul, A.Md
Sumber: 
Dinas Pendidikan Prov. Kep. Bangka Belitung
Editor: 
Yusni Patrajaya, S.Si
Kategori Informasi: 
Penerjemah: 
-

Arsip Berita

Berita Lainnya

18 Apr 2017 | Dinas Pendidikan...

17 Apr 2017 | Bidang GTK Dinas...

21 Mar 2017 | Dinas Pendidikan...

06 Mar 2017 | Seksi Kesiswaan...

18 Jan 2017 | Radar Bangka

18 Nov 2016 | Dinas Pendidikan...

07 Nov 2016 | Dinas Pendidikan...