PEMUTAKHIRAN DATA PENDIDIKAN TAHUN 2016

 

Waktu 29 Aug 2016, 08:08 to 31 Aug 2016, 08:08
Pelaksana
SEKSI DATA DAN INFORMASI
Lokasi
SUN HOTEL, PANGKALPINANG

Dalam perencanaan pembangunan dibidang pendidikan seperti perencanaan di tingkat kabupaten/kota diperlukan data dan informasi yang lengkap yang tidak hanya menyangkut data di lingkungan Dinas Pendidikan, melainkan dapat diperoleh dari luar Dinas Pendidikan yang bekerja sama dengan instansi terkait guna memperoleh data yang terintegrasi dan lengkap mengenai keadaan pendidikan.

Profil Pendidikan yang cukup komprehensif di suatu kabupaten/kota dapat dipandang sebagai bahan masukan untuk penyusunan perencanaan pembangunan pendidikan yang realistis. Oleh karena itu, dengan menggunakan profil pendidikan tersebut dapat diketahui dan diperhitungkan berbagai faktor yang ada dalam suatu wilayah, termasuk faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi perkembangan suatu wilayah khususnya perkembangan pendidikan.

Dalam mencapai Data dan informasi yang komprehensif dan berkesinambungan tersebut diperlukannya pemutakhiran data pokok pendidikan sebagai evaluasi.

Data pokok pendidikan (Dapodik) merupakan  sistem skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif. Karena tanpa perencanaan pendidikan yang matang, maka seluruh program yang terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari tujuan yang diharapkan. Untuk melaksanakan perencanaan pendidikan, maupun untuk melaksanaan program-program pendidikan secara tepat sasaran, dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date. Dengan ketersediaan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan up to date tersebut, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan. 

Dalam perencanaan pembangunan dibidang pendidikan seperti perencanaan di tingkat kabupaten/kota diperlukan data dan informasi yang lengkap yang tidak hanya menyangkut data di lingkungan Dinas Pendidikan, melainkan dapat diperoleh dari luar Dinas Pendidikan yang bekerja sama dengan instansi terkait guna memperoleh data yang terintegrasi dan lengkap mengenai keadaan pendidikan.

Profil Pendidikan yang cukup komprehensif di suatu kabupaten/kota dapat dipandang sebagai bahan masukan untuk penyusunan perencanaan pembangunan pendidikan yang realistis. Oleh karena itu, dengan menggunakan profil pendidikan tersebut dapat diketahui dan diperhitungkan berbagai faktor yang ada dalam suatu wilayah, termasuk faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi perkembangan suatu wilayah khususnya perkembangan pendidikan.

Dalam mencapai Data dan informasi yang komprehensif dan berkesinambungan tersebut diperlukannya pemutakhiran data pokok pendidikan sebagai evaluasi.

Data pokok pendidikan (Dapodik) merupakan  sistem skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif. Karena tanpa perencanaan pendidikan yang matang, maka seluruh program yang terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari tujuan yang diharapkan. Untuk melaksanakan perencanaan pendidikan, maupun untuk melaksanaan program-program pendidikan secara tepat sasaran, dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date. Dengan ketersediaan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan up to date tersebut, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan.