You are here

Disdik Pangkalpinang Gelar Pertunjukan Seni Daerah

Disdik Pangkalpinang Gelar Pertunjukan Seni Daerah

PANGKALPINANG - Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang melaksanakan pergelaran seni bertemakan "Gerakan Seniman Masuk Sekolah" yang bertempat di Tamansari Kota Pangkalpinang, Selasa(19/12).
    
Pergelaran seni ini merupakan program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dirjen Kebudayaan dan Direktorat kesenian di semua provinsi di Indonesia dan di Bangka Belitung, Pangkalpinang yang ditunjuk.
    
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Edison Taher kepada awak media mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mensinkronisasikan antara seniman dan sekolah. "Pada program ini, kami melibatkan 30 orang seniman untuk melatih para siswa di sekolah selama 3 bulan melalui kegiatan ekstra kulikuler," ujarnya.
    
Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan pertunjukan seni tersebut sangat luar biasa, hal ini terlihat tak surutnya animo masyarakat mengerumuni lokasi pertunjukan meskipun sempatdiguyurhujanlebat.
    
Tak kalah menarik, pada pergelaran seni ini turut dihadiri Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dengan membawa 23 orang seniman yang berkolaborasi dengan para penampil seni asal Bangka Belitung.
    
Pergelaran seni ini diikuti 8 sekolah di Pangkalpinang di semua tingkatan yaitu SDN 62 Pangkalpinang, SDN 28 Pangkalpinang, SDN 10 Pangkalpinang, SMPN 1 Pangkalpinang, SMPN 2 Pangkalpinang, SMPN 10 Pangkalpinang, SMKN 4 Pangkalpinang dan SMKN 2 Pangkalpinang.
  
 Edison mengungkapkan, acara tersebut bertujuan untuk menimbulkan rasa cinta terhadap seni daerah dan menambah wawasan para siswa. "Kegiatan ini bertujuan memberikan peluang kepada seniman dan sekolah untuk bersinergi dengan melatih seni budaya di sekolah melalui program ekstrakulikuler agar timbul rasa kecintaan dan keingintahuan siswa terhadap kesenian,"pungkasnya.
    
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung, Agus Firman mengapresiasi penampilan seni yang ditampilkan siswa-siswi Kota Pangkalpinang. "Ini merupakan salah satu upaya promosi juga melalui seni. Dan jika dilihat dan diasah dari potensi dimiliki Bangka Belitung, maka bisa jadi kedepannya Provinsi ini akan menjadi destinasi wisata pilihan terbaik setelah Bali dan Lombok," tandasnya.

Penulis: 
Radar Bangka
Fotografer: 
-
Sumber: 
Radar Bangka
Editor: 
Radar Bangka
Kategori Informasi: 
Penerjemah: 
-