Informasi Layanan Publik

Standar Pelayanan Layanan Pembuatan Surat Keterangan/Rekomendasi Mutasi Siswa Masuk SMA/SMK/PK

STANDART PELAYANAN

LAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN/REKOMENDASI

MUTASI SISWA MASUK SMA/SMK/PK

 

No

Komponen

Uraian

1

2

3

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-undang No 20 tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 47 tahun 2016 tang 21 September 2016 tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah Bidang pendidikan dan Kebudayaan.

 

2.

Persyaratan

  1. Surat Keterangan Keluar/Pindah dari Sekolah Asal yang ditandatangani Kepala Sekolah;
  2. Tanda Bukti Mutasi Siswa dari Dinas Pendidikan Provinsi Asal (jika berasal dari luar Provinsi Kep. Babel);
  3. Surat Rekomendasi Penyaluran dari Direktorat Jenderal Dikdasmen (Jika Berasal dari Luar Negeri);
  4. Raport Asli;
  5. Fotocopy Raport (bagian biodata siswa, nilai semester terakhir);
  6. Fotocopy sertifikat Akreditasi Sekolah Asal;
  7. Surat Rekomendasi Penerimaan dari Sekolah yang dituju.

 

3.

Sistem Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon Mutasi untuk dengan datang langsung ke Bidang SMA/SMK/PK Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
  2. Pemohon Mutasi Siswa diterima oleh petugas layanan/staf pada Bidang SMA/SMK/PK selaku petugas Pembuat Surat Keterangan/Rekomendasi (Pelayanan sesuai jam kerja yaitu, Senin-Jumat Pagi dari Pukul 08.00-12.00 WIB dan Sore Pukul 13.30-15.30 WIB).
  3. Petugas layanan/staf Bidang SMA/SMK/PK melakukan Pengecekan Kelengkapan berkas Pengajuan Mutasi (Persyaratan Mutasi Siswa).
  4. Petugas layanan/staf Bidang SMA/SMK/PK Mengetik Surat Rekomendasi untuk pemohon sebagai bukti.
  1. Setelah proses pembuatan surat rekomendasi selesai, Petugas/Staf Bidang SMA/SMK/PK menghubungi Pemohon untuk kemudian menyerahkan Surat Rekomendasi tersebut.
  2. Surat Rekomendasi selesai di tandatangan dan stempel serta  diterima oleh Pemohon.

 

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

2 hari kerja

 

5.

Biaya/Tarif

Layanan tidak dipungut biaya

 

6.

Produk Pelayanan

Surat Keterangan/ Rekomendasi Mutasi Siswa Masuk SMA/SMK/PK

 

7.

Sarana, Prasarana dan/atau Fasilitas

Ruang kantor, meja, kursi dan AC,Komputer, Printer, Telepon, Jaringan Internet, Alat Tulis Kantor, Jam.

 

8.

Kompetensi Pelaksana/Tim Teknis

  1. SDM yang memiliki ketelitian, kecekatan, kesabaran, keramahan, integritas yang tinggi, dan mampu bekerja di bawah tekanan.
  2. SDM yang memiliki pemahaman tentang pelayanan dan informasi publik yang diberikan pemerintah.
  3. SDM yang memiliki wawasan di bidang kebijakan pemerintahan.

 

9.

Pengawasan Internal

  1. Supervisi atasan langsung.
  2. Penerapan sistem pengawasan internal dan pengawasan fungsional oleh pimpinan.
  3. Dilaksanakan secara berkelanjutan.
  4. Konsisten dalam pemberian teguran dan sanksi.

 

10.

Jumlah Pelaksana

  1. Petugas Layanan/Staf Sekretariat 1 Orang.
  2. JFT/JFU Bidang SMA/SMK/PK 1 Orang.
  3. Kepala Bidang SMA/SMK/PK 1 Orang.
  4. Kepala Dinas 1 Orang.

 

11.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1. Jaminan keamanan, keselamatan dan kerahasiaan dokumen.
  2. Jaminan tidak dilakukan penyalah-gunaan dokumen.
  3. Jaminan ketepatan waktu layanan.

 

12.

Jaminan Pelayanan

  1. Layanan Pembuatan Surat keterangan/rekomendasi mutasi siswa masuk SMA/SMK/PK diberikan secara transparan, terbuka dan tepat waktu.
  2. Layanan Pembuatan Surat keterangan/rekomendasi mutasi siswa masuk SMA/SMK/PK diberikan sesuai dengan standar pelayanan.

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1. Jaminan keamanan, keselamatan dan kerahasiaan dokumen.
  2. Jaminan tidak dilakukan penyalah-gunaan dokumen.
  3. Jaminan ketepatan waktu layanan.

 

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksanaan

Evaluasi penerapan standar pelayanan ini dilakukan minimal 1 (satu) kali dalam satu tahun. Selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan.