SOSIALISASI UJIAN NASIONAL DAN UJIAN SEKOLAH T.P. 2013/2014

 

Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2013/2014 akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada bulan April dan Mei 2014 yang akan datang. Ujian nasional tersebut dilaksanakan pada jenjang SMA/MA, SMK, SMALB, SMP/MTs, SMPLB, Paket B/Wustha, Paket C, dan dan ujian sekolah pada jenjang SD/MI, SDLB, Paket A/Ula. Dalam rangka persiapan pelaksanaan Ujian Nasional/Sekolah Tahun Pelajaran 2013/2014 dan dalam rangka memenuhi Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, SMK/MAK, serta Pendidikan Kesetaraan Program Program Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan Tahun Pelajaran 2013/2014, dan Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Sekolah pada SD/MI, SDLB  dan Program Paket A/Ula Tahun Pelajaran 2013/2014, maka Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memandang perlu melaksanakan Sosialisasi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun Pelajaran 2013/2014. Melalui kegiatan ini diharapkan terdapat upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan Ujian Nasional/Sekolah Tahun Pelajaran 2013/2014 yang lebih baik.

Pelaksanaan sosialisasi ujian nasional dan ujian sekolah tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun Pelajaran 2013/2014 dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 3 - 4 Maret 2014 bertempat di Hotel Aksi, Kota Pangkalpinang dan dihadiri oleh Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sosialisasi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. Rivai. Beliau menyampaikan perlunya penyamaan persepsi dan pengetahuan mengenai pelaksanaan ujian nasional dan ujian sekolah tahun pelajaran 2013/2014. Beliau juga menyinggung adanya peran penting Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten dalam pelaksanaan ujian sekolah karena mulai tahun 2014 ini pelaksanaan ujian sekolah untuk jenjang SD/MI, Paket A/Ula telah diserahkan kepada Provinsi dan Kota/Kabupaten. Untuk itu perlu dirumuskan teknis pelaksanaan ujian sekolah tersebut dengan tetap berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Prosedur Operasional Standar dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga nantinya akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter. Beliau juga menyampaikan kepada peserta rapat koordinasi ujian nasional dan ujian sekolah untuk menyampaikan kendala-kendala yang terjadi di wilayah masing-masing sehingga nantinya bisa dicapai rumusan prosedur operasional standar yang bisa dijadikan acuan pelaksanaan ujian sekolah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi sesi demi  sesi secara simultan. Sesi pertama dimulai dengan penandatanganan pakta integritas pelaksanaan ujian nasional tahun pelajaran 2013/2014 antara Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kemenag Kota/Kabupaten.Di sesi berikutnya, Peraturan BSNP Nomor 0022/P/BSNP/I/2014 Tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, serta Pendidikan Kesetaraan Program Program Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan Tahun Pelajaran 2013/2014 diulas secara mendalam oleh Drs. Rivai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selanjutnya peserta sosialisasi mendapat suntikan semangat dan motivasi dari Wahyudin, M.Pd, Ketua Ujian Nasional Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang membawakan materi tentang sistem distribusi bahan ujian nasional di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  Sesi selanjutnya kemudian ditutup dengan materi Pelaksanaan Ujian Sekolah SD/MI, SDLB, Paket A/Ula oleh Deswarman, M.Pd,  Sekretaris Ujian Nasional Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam sosialisasi ini diharapkan terciptanya persamaan persepsi yang sama dalam pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2013/2014 yang sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2013/2014 dan terciptanya komitmen bersama dalam melaksanakan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2013/2014 yang jujur dan rahasia di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terlaksananya upaya-upaya yang sistematis untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Nasioal Tahun Pelajaran 2013/2014 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kategori Informasi: